-->

Belajar Bahasa Inggris Otodidak

Belajaringgris17.blogspot.com - Belajar bahasa Inggris otodidak atau di sebut juga belajar bahasa Inggris sendiri tanpa kursus.Ingin tahu bagaimana cara belajar sendiri dan menguasai bahasa Inggris dengan baik tanpa harus ikut bergabung pada lembaga kursus/les . Berikut ini akan saya sertakan tips-tips belajar bahasa Inggris otodidak yang mungkin bisa teman teman lakukan .

Langsung saja yuukkkk :

1. Mantapkan dulu niat dan tekad untuk bisa mengusai bahasa Inggris.

Jika sudah ada kemauan yang kuat, maka jalan selanjutnya akan lebih mudah.
Pelajari dulu cara mengucapkan alphabet dalam bahasa Inggris dari a sampai z, angka-angka, dan kata-kata dan kalimat-kalimat dasar mudah dalam bahasa Inggris . Tujuan mempelajari kata-kata dan kalimat sederhana ini adalah untuk menumbuhkan minat sekaligus meningkatkan semangat dalam belajar karena akan terasa gampang karena kita mulai dari hal-hal yang mudah.

2 . Vocabulary ( Kosakata )
Bagian paling penting dari sebuah bahasa adalah kosakata (vocabulary). Kita bisa memasang target harus menghapal berapa banyak kosa kata baru bahasa Inggris dalam sehari. Kita bisa memanfaatkan buku kamus bahasa Inggris maupun internet. Selain menghafal kata kata dan pengucapan tak kalah pentingnya kita menghapal bagaimana cara menuliskan kata tersebut. Untuk mengetahui cara pengucapan yang benar dari suatu kata kita bisa mendengarnya langsung dari internet . Untuk pemula bisa mencari kosakata yang di sertai gambar dan cara pengucapan sehingga terasa lebih menarik . Kita bisa memqnfaatkan fitur translate atau terjemahan yang ada di situs google .Selain berfungsi sebagai kamus (bisa per kata bisa juga per kalimat), juga bisa untuk mendengarkan cara pengucapan kata. Akan tetapi ketepatan google translate ini tak 100%, jadi cuma sebagai pembantu.Untuk menerjemahkan kalimat yang agak panjang akan terkesan amburadul.

3 . Mempelajari tata bahasa Inggris (grammar)
Kita bisa memanfaatkan buku apa saja pada awalnya. Setelah memiliki cukup kosakata, atau kita bisa memanfaatkan kamus dan mencari arti kata bahasa inggris dengan lebih cepat . Jangan segan-segan membeli buku tata bahasa (English Grammar) yang tebal-tebal dan bagus. Pelajari dengan teratur, rajin, dan berkesinambungan. Belajar menyusun kalimat yang benar dalam konteks saat ini (present tense), masa lalu (past tense), masa akan datang, yang sudah terjadi, dsb.



4 . Banyak membaca artikel atau tulisan bahasa Inggris seperti dari internet, koran / majalah bahasa Inggris, buku-buku bahasa Inggris, dsb.
Dengan membaca tulisan berbahasa Inggris, maka akan bisa menambah kosakata yang kita miliki. Tandai kata yang tak dimengerti lalu mencari tahu artinya. Kita juga akan mendapat gambaran bagaimana tata bahasa Inggris atau cara menyusun kata-kata untuk menjadi sebuah kalimat yang baik dalam bahasa Inggris dengan membaca tulisan-tulisan tersebut.

5 . Mendengarkan Lagu berbahasa Inggris
Dengarkan dan nikmati berkali-kali, lalu terka saja lirik yang diucapkan. Jika sudah hafal melodi nya dan kalian sudah menerka liriknya, coba bandingkan dengan lirik aslinya. Berapa banyak kalian salah? Jika banyak, coba dan coba lagi. Atau bisa juga dengan menonton film-film bahasa Inggris dengan tidak membaca teks bahasa Indonesianya.

6 .Latihan berbicara bahasa Inggris
Carilah teman yang bisa di ajak berlatih bercakap-cakap dalam bahasa Inggris. Atau bisa juga berbicara pada diri anda sendiri atau berpikir dengan menggunakan kalimat bahasa Inggris. Kita bisa memanfaatkan media sosial seperti fb , whatshapp dll untuk berkenalan dengan orang asing yang berbahasa Inggris sehingga anda bisa mempraktekkan apa yang telah dipelajari secara langsung.

7. Tulis Semua hal dengan Bahasa Inggris
Kita bisa menulis perkenalan diri dengan bahasa Inggris, lalu mengetik SMS dengan bahasa Inggris, menulis surat cinta dengan bahasa Inggris, bahkan status dan komentar di media social dengan bahasa Inggris.

8 . Lakukan berulang-ulang

Jika kita melakukan hal ini berulang-ulang full 1 hari berbahasa Inggris, maka pelan pelan kita akan fasih dalam berbahasa Inggris. Karena intinya belajar bahasa Inggris itu untuk kehidupan sehari-hari saat berkomunikasi dengan orang asing.

9 .Jangan pernah menyerah karena memang belajar bahasa butuh waktu.

Tak ada orang yang bisa langsung seketika mahir berbahasa Inggris. Butuh proses yang bisa memakan waktu bertahun-tahun untuk bisa ke tahap berkomunikasi memakai bahasa Inggris dengan baik. Maka mulailah dari sekarang sehingga lebih cepat anda akan bisa menguasai bahasa Inggris nantinya.

Beranilah dan jangan pernah malu untuk mencoba ! Bahasa Inggris bukanlah bahasa asli kita. Orang lain (barat/bule) akan mengerti itu, akan paham, dan tak akan pernah mengejek jika kita salah berucap.

Itulah beberapa tips belajar bahasa Inggris secara otodidak.Sebenarnya ada yang lebih jitu , yaitu kita langsung terjun langsung ke negara yang berbahasa Inggris he..he...

Apakah mungkin ? tentu saja...melanjutkan study atau bekerja ke negara negara tersebut.

So , tinggal teman teman memilih yang mana yang dianggap mudah dan bisa di lakukan.

Baca juga :
KOSAKATA BUAH BUAHAN

0 Response to "Belajar Bahasa Inggris Otodidak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel